View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      UPAYA PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI KELOMPOK BERMAIN ‘AISYIYAH TAMAN AZ-ZAHRA MINGGIR SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (100.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (740.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (343.3Kb)
      ABSTRACT (154.0Kb)
      BAB I (228.4Kb)
      BAB II (255.6Kb)
      BAB III (168.0Kb)
      BAB IV (1.142Mb)
      BAB V (154.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (208.1Kb)
      LAMPIRAN (489.3Kb)
      Date
      2017-05-19
      Author
      LATIFAH, ISNAINI NURUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bercerita pada anak usia dini, upaya, hasil, faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak anak usia dini melalui metode bercerita di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Taman Az-Zahra Minggir Sleman. Penelitian ini dikategorikan pada jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah: (1) Metode bercerita untuk anak usia dini yaitu guru membaca langsung dari buku cerita, menceritakan dongeng, bercerita dengan menggunakan ilustrasi gambar dari buku dan menggunakan media boneka. (2) Upaya pembentukan akhlak anak usia dini melalui metode bercerita di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Taman Az-Zahra Minggir Sleman yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai akhlak sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Media yang digunakan guru yaitu dengan buku cerita Islami bergambar, boneka tangan, gambar-gambar yang berkaitan, dan poster. Guru berusaha memahami tingkah laku tiap-tiap anak, serta pandai menciptakan suasana belajar yang kondusif. Upaya pembentukan akhlak anak mengandung faktor yang terdiri keteladanan, bimbingan dan pembiasaan. (3) Hasil upaya pembentukan akhlak anak usia dini melalui metode bercerita di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Taman Az-Zahra Minggir Sleman yaitu anak lebih mudah memahami materi akhlak karena dengan tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita, guru lebih mudah dalam menyisipkan nilai-nilai akhlak di dalamnya. Hasil dari upaya tersebut yaitu 70-80% anak sudah berperilaku cerminan dari akhlak terpuji. (4) Faktor pendukung upaya pembentukan akhlak anak yaitu peserta didik cukup umur bila penyampaian materi menggunakan metode bercerita. Sumber belajar antara lain buku-buku Islami yang memadahi, adanya perpustakaan anak, adanya poster-poster cerminan perbuatan yang baik, berbagai boneka guna memperagakan tokoh dalam cerita. Faktor penghambat upaya pembentukan akhlak anak yaitu pola asuh di rumah dan di sekolah yang sangat berbeda.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11502
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV