PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH NGADIREJO TEMANGGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keaktifan siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebelum menggunakan metode make a match, 2) mengidentifikasi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebelum menggunakan metode make a match,3) membuktikan penerapan model pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Ngadirejo Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Muhammadiyah Ngadirejo, dengan jumlah siswa sebanyak 21siswa. Terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk data observasi dan tes, sedangkan data kualitatif untuk data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari perolehan prosentase pada pra-siklus yaitu 45% (kategori rendah) meningkat pada siklus I menjadi 52,5% (kategori cukup) meningkat pada siklus II menjadi 75% (kategori tinggi). Adapun prestasi belajar pada siklus I sebesar 60% (kategori cukup), sedangkan pada siklus II prosentase hasil belajar meningkat menjadi 80% (kategori tinggi sekali).