View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDEKATAN LEAN HOSPITAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI WASTE KRITIS DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSI PKU MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (111.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (637.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (209.6Kb)
      ABSTRAK (155.7Kb)
      BAB I (177.7Kb)
      BAB II (267.7Kb)
      BAB III (258.4Kb)
      BAB IV (943.4Kb)
      BAB V (101.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (103.8Kb)
      LAMPIRAN (390.0Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (460.1Kb)
      Date
      2017-03-18
      Author
      PUTRI, LUSI RAHMANI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Instalasi farmasi merupakan salah satu terminal pelayanan kesehatan yang berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga dituntut untuk selalu meningkatkan mutu yang berorientasi pada tercapainya kepuasan masyarakat selaku end customer. Pendekatan lean hospital bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan berfokus mengeliminasi pemborosan (waste) yang terjadi dalam proses pelayanan. Pendekatan lean hospital pada penelitian ini difokuskan dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi waste kritis, akar penyebab waste kritis hingga memberikan usulan perbaikan untuk meminimalkan waste kritis di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Metode: Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Gambaran proses pelayanan dipetakan melalui value stream mapping, penetepan waste kritis diperoleh melalui penyebaran kuesioner, akar penyebab waste kritis diperoleh melalui wawancara mendalam dengan metode 5 why. Usulan perbaikan didapatkan melalui diskusi tim dan expert panel. Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan pemetaan value stream mapping didapatkan VAR untuk resep non racikan sebesar 16,67%, sedangkan untuk resep racikan sebesar 14,52%. Keberadaan waste Motion xvi menduduki peringkat tertinggi dengan persentase sebesar 19%. Akar penyebab dari waste motion adalah tidak adanya standar terkait pengorganisasian tempat kerja yang berdampak pada efektifitas pemberi pelayanan dalam menyelesaikan tugasnya. Usulan perbaikan untuk akar penyebab waste kritis ini adalah dengan menerapakan metode 5S. Simpulan: Motion ditetapkan sebagai waste kritis yang ada dalam proses pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11517
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV