PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran aqidah akhlak
kelas VII (2) menggambarkan pembentukan perilaku keagamaan siswa kelas VII
(3) menguji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap
pembentukan perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs Negeri Tempel Sleman
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif
kuantitatif dengan model korelasi, teknik analisis data ini menggunakan product
moment dan regresi linier sederhana. Sedangkan sampel diambil secara acak
(random sampling). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah
92 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran aqidah akhlak
di sekolah menunjukkan hasil yang positif (2) pembentukan perilaku keagamaan
siswa termasuk kategori baik (3) ada pengaruh yang signifikan antara
pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa
kelas VII sebesar 9,8%.