dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | RAHMAWATI, RIA | |
dc.date.accessioned | 2017-07-11T07:03:24Z | |
dc.date.available | 2017-07-11T07:03:24Z | |
dc.date.issued | 2017-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11533 | |
dc.description | This study aims to (1) discover the aqeedah morals learning for grade VII
(2) describe the establishment of religious behavior of grade VII students (3)
assess wheter or not the aqeedah morals learning affects the establishment of
religious behavior of grade VII students in MTs Negeri Tempel Sleman
Yogyakarta.
This study used descriptive quantitative approach with correlation model.
The data analys technique used product moment and simple linear regression. The
sample was taken using random sampling. The research subjects were grade VII
students for as many as 92 students. The data gathering techniques used in this
study were interview, questionnaire, and documentation.
The result of the study showed that, (1) the aqeedah morals learning at
school showed positive result (2) the establishment of religious behavior was
actegorised as good (3) there was a significant effect between the aqeedah morals
learning and the establishment of religious behavior of grade VII students for
9.8%. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran aqidah akhlak
kelas VII (2) menggambarkan pembentukan perilaku keagamaan siswa kelas VII
(3) menguji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap
pembentukan perilaku keagamaan siswa kelas VII di MTs Negeri Tempel Sleman
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif
kuantitatif dengan model korelasi, teknik analisis data ini menggunakan product
moment dan regresi linier sederhana. Sedangkan sampel diambil secara acak
(random sampling). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah
92 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran aqidah akhlak
di sekolah menunjukkan hasil yang positif (2) pembentukan perilaku keagamaan
siswa termasuk kategori baik (3) ada pengaruh yang signifikan antara
pembelajaran aqidah akhlak terhadap pembentukan perilaku keagamaan siswa
kelas VII sebesar 9,8%. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pembentukan Perilaku Keagamaan Siswa. aqeedah morals learning, establisment of students’ religious behavior | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
187 | en_US |