dc.contributor.author | AYUNANI, NUR ISNA | |
dc.date.accessioned | 2017-07-20T03:02:08Z | |
dc.date.available | 2017-07-20T03:02:08Z | |
dc.date.issued | 2017-05-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11602 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode mendidik anak berdasarkan tipologi anak dengan kajian tafsir al-Marāgī dan ingin membuktikan secara empiris metode mendidik anak berdasarkan tipologi anak dengan kajian tafsir al- Marāgī dalam pendidikan anak.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Metode spesifik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir mauḍū’i atau metode tematik, karena penelitian ini membahas tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan tipologi anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai perhiasan hidup di dunia adalah dengan metode kebiasaan dan keteladan. (2) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai ujian atau fitnah adalah dengan metode mendidik dengan perhatian dan pengawasan. (3) metode mendidik anak untuk tipologi anak sebagai musuh adalah dengan metode mendidik dengan nasihat dan hukuman. (4) untuk tipologi anak sebagai cahaya mata atau permata hati, metode mendidik anak ini adalah dengan metode mendidik yang digunakan oleh Luqmān al-Hakīm yang diabadikan dalam surah Luqmān ayat 12-19. | en_US |
dc.description.abstract | This research aimed to reveal children educating method based on children typology using the study of tafsir Al-Marāgī (Al-Marāgī interpretation) and to prove children educating method empirically based on children typology using the study of tafsir Al-Marāgī on children education.
This research used qualitative approach method, a research that emphasized the analysis on deductive and inductive concluding process. The spesific method used on this research was tafsir maudū’i method or thematic method, because this research discussed verses related to children typology.
The result of this research indicated: (1) children educating method for children typology as accessory of life in the world was with habit and role model method. (2) children educating method for children typology as test or fitnah was educating method with attention and supervision. (3) children educating method for children typology as enemy was with educating method with advice and punishment. (4) for children typology as eye light or diamond of the heart, this children educating method was with educating method used by Luqmān al-Hakīm written on surah Luqmān verse 12-19. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | children typology, children educating method, children education. tipologi anak, metode mendidik anak, pendidikan anak | en_US |
dc.title | METODE MENDIDIK ANAK BERDASARKAN TIPOLOGI ANAK | en_US |
dc.title.alternative | (KAJIAN TAFSIR AL-MARĀGĪ) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
172 | en_US |