Show simple item record

dc.contributor.authorPARAMITA S, DIAN
dc.date.accessioned2017-07-20T06:52:01Z
dc.date.available2017-07-20T06:52:01Z
dc.date.issued2017-04-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11616
dc.description.abstractBeberapa tahun terakhir, diplomasi kebudayaan yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan telah mampu menarik perhatian lebih dari setengah masyarakat internasional. Fenomena tersebut dikenal sebagai Korean Wave atau Hallyu yang terdiri dari beberapa konten kebudayaan seperti; musik (k-pop), drama (k-drama), film (k-movie), fashion (k-fashion), gaya hidup (lifestyle), hingga kosmetik (k-beauty). Sejak Hallyu dipromosikan oleh Presiden Kim secara konsisten sebagai soft diplomasi negara, Hallyu menjadi suatu fenomena internasional yang membawa dampak positif bagi Korea Selatan. Hallyu sukses membawa peningkatan bagi perekonomian dan citra Korea di mata internasional. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Hallyu menjadi alat diplomasi budaya yang efekif bagi Korea, tidak lepas dari peran yang dilakukan oleh beberapa aktor yaitu; pemerintah sebagai pembuat kebijakan, pihak swasta dan chaebol yang mendukung dalam hal pendanaan, industri profesional dunia hiburan dan para artis yang menjadi wajah utama Hallyu, serta media yang mempromosikan Hallyu ke mata internasional dengan cara yang kreatif dan menarik.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectDiplomasi Kebudayaan, Hallyu, Aktor, Kebijakan, Efektif.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS DIPLOMASI KEBUDAYAAN KOREA SELATANen_US
dc.title.alternativeSTUDI KASUS: FENOMENA HALLYU DI DUNIA INTERNASIONALen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 203en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record