PENGARUH KEPATUHAN, KEADILAN, DISKRIMINASI, DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP PENGGELAPAN PAJAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis mengenai kepatuhan, keadilan, diskriminasi dan kualitas pelayanan fiskus terhadap penggelapan pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Wonosari. Sampel dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 94 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan Adjusted R Square dan Uji t. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) kepatuhan tidak berpengaruh terhadap penggelapan pajak, 2) keadilan tidak berpengaruh terhadap penggelapan pajak, 3) diskriminasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggelapan pajak, 4) kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap penggelapan pajak.