PENGARUH FAKTOR RELATIF DAN KONTEKSTUAL TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA KONSUMEN DI D.I. YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Faktor Relatif Dan Kontekstual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Muslim Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Konsumen Di D.I. Yogyakarta
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, dan nonprobability sampling yang digunakannya adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 orang yang merupakan konsumen muslim di D.I. Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor relatif dan kontekstual tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen muslim, faktor relatif dan kontekstual berpengaruh signifikan terhadap religiusitas, dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen muslim serta faktor relatif dan kontekstual berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen muslim dengan religiusitas sebagai variabel mediasi
