View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (59.25Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (652.5Kb)
      PERNYATAAN (69.04Kb)
      BAB I (166.2Kb)
      BAB II (281.5Kb)
      BAB III (506.3Kb)
      BAB IV (88.45Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (143.4Kb)
      LAMPIRAN (3.317Mb)
      Date
      2017
      Author
      LINDAWATI, LINDAWATI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kosakata atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Goi memiliki jumlah yang sangat banyak. Metode pembelajaran juga memengaruhi pembelajar terhadap pemahaman kosakata tersebut. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti keefektifan sebuah metode pembelajaran. Penelitian ini berjudul Keefektifan Metode Jigsaw Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI IBB Madrasah Aliyah Negeri II Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Jigsaw yang dapat digunakan pada pembelajaran kosakata atau goi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen karena menguji sebuh metode yaitu metode Jigsaw. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pretest, treatment, posttest, dan angket. Setelah data terkumpul, peneliti mengolah data yang diketahui dari hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen, perbedaan signifikan nilai posttest pada kedua kelas dengan menggunakan uji t test dan menghitung kriteria keefektifan menggunakan rumus Normalized gain. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai t hitung < t tabel yaitu dengan menginterpretasikan nilai t hitung sebesar -0,14 dengan nilai t tabel pada db 41 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,02 dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,71. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Hk) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Meskipun pada perhitungan rata-rata Normalized gain menunjukan bahwa metode Jigsaw sangat efektif digunakan dalam kelas eksperimen, tetapi belum dapat dikatakan efektif karena selisih pebedaan rata-rata Normalized gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terlalu signifikan yaitu sebesar 0,04. Hal tersebut menunjukan bahwa metode Jigsaw belum efektif apabila diterapkan untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11890
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV