PENGARUH KEBUTUHAN ANGGOTA, PERSONAL SELLING DAN KEMUDAHAN MENDAPATKAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN ANGGOTA DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT KARISMA MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebutuhan anggota,
personal selling, dan kemudahan mendapatkan produk terhadap keputusan
anggota dalam memilih pembiayaan murabahah di BMT Karisma Magelang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah merupakan data primer, yang berupa angka. Data
diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada anggota BMT Karisma Magelang.
Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode Quota Sample
dengan jumlah sample sebanyak 100 anggota. Metode analisis data dilakukan
dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, dan olah data dilakukan
dengan SPSS 21
Hasil penelitian ini secara simultan menunjukan bahwa variabel kebutuhan
anggota mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota
dalam memilih pembiayaan murabahah (0,000 < 0,05), personal selling
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota dalam
memilih pembiayaan murabahah (0,000 < 0,05), kemudahan mendapatkan produk
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan anggota dalam
memilih pembiayaan murabahah (0,000 < 0,05). Faktor yang lebih dominan
dalam mengambil pembiayaan murabahah yaitu kemudahan mendapatkan produk
hal ini dapat dilihat pada uji t yang menyatakan nilai beta variabel kebutuhan
anggota 0,257 nilai beta variabel personal selling 0,262 nilai beta variabel
kemudahan mendapatkan produk 0,321 dari ketiga variabel ini kemudahan
mendapatkan produklah yang paling besar nilai betanya (0,321)