PERAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN DALAM MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DAN ALAT PEMASARAN HIJAU SEBAGAI VARIABEL STIMULUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Peran Kepedulian Lingkungan dalam mempengaruhi Sikap terhadap Perilaku Pembelian Produk Ramah Lingkungan dan Alat Pemasaran Hijau Sebagai Variabel Stimulus (Studi pada konsumen AMDK Ades di Kabupaten Bantul, Yogyakarta). Data diambil dari sampel sebanyak 150 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data non probability sampling dan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu, dengan metode metode analisis regresi linier sederhana dan kemudian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T, serta koefisien determinasi. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa: (1) Alat pemasaran hijau berpengaruh terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan Ades di Kabupaten Bantul, Yogyakarta; (2) Kepedulian lingkungan berpengaruh terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan Ades di Kabupaten Bantul, Yogyakarta; (3) Kepedulian lingkungan berpengaruh terhadap sikap lingkungan pada konsumen Ades di Kabupaten Bantul, Yogyakarta; (4) Sikap berpengaruh terhadap perilaku pembelian produk ramah lingkungan Ades di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.