PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PERSEPSIAN, FITUR, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya vendor smartphone-smartphone baru yang bersaing satu sama lain termasuk bersaing dengan vendor smartphone-smartphone lama atau yang sudah lebih dulu sudah ada dipasaran dan memiliki pangsa pasarnya sendiri. Salah satu vendor smartphone yang beberapa tahun ini baru memasuki pasar Indonesia adalah Xiaomi. Bersangkutan dengan hal tersebut, peneliti memilih Xiaomi sebagai objek dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menguji apakah citra merek, kualitas persepsian, fitur, dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Xiaomi.
Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta dengan sampel sebesar 100 responden. Penelitian ini menggunakan tekhnik proposive sampling dan data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Setelah terkumpul, data diolah menggunakan program SPSS dengan analisis regresi linear berganda.
Hasil yang diperoleh menunjukan: (1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. (2) Kualitas persepsian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. (3) Fitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, dan (4) persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi.