PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Coporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi. Obyek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 – 2015. Dalam penelitian ini sample berjumlah 97 observasi yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis dengan menggunakan SPSS 22 dan Eviews 7.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan;, Corporate Social Responsibility tidak dapat memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.