View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGUJIAN STANDARD CAMSHAFT DAN AFTER MARKET CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (28.49Kb)
      HALAMAN JUDUL (310.6Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (86.36Kb)
      ABSTRAK (199.2Kb)
      BAB I (87.50Kb)
      BAB II (441.4Kb)
      BAB III (990.7Kb)
      BAB IV (331.2Kb)
      BAB V (89.12Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (155.6Kb)
      LAMPIRAN (1.446Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (637.6Kb)
      Date
      2017-05
      Author
      UTOMO, OKTI TRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Camshaft merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan motor bakar 4 langkah. Fungsi dari camshaft adalah sebagai penggerak katup hisap untuk memasukan bahan bakar dari karburator melalui saluran hisap dan memasuki ruang bakar. Camshaft juga menggerakan katup buang untuk mengeluarkan hasil pembakaran melalui saluran buang menuju pembuangan knalpot. Perbedaan pergerakan camshaft pada durasi dan lift akan berpengaruh pada waktunya bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang bakar pada proses pembakaran. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua variasi, yaitu standard camshaft dan after market camshaft. Pengukuran camshaft dilakukan menggunakan metode dial indikator dan busur derajat untuk mengetahui data durasi dan lift dari camshaft, sedangkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian torsi dan daya, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, dan juga pengujian emisi gas buang. Dari hasil pengujian pada dinamometer didapatkan bahwa torsi dan daya yang dihasilkan standard camshaft lebih tinggi. Dari pengujian konsumsi bahan bakar spesifik didapat hasil pada putaran 2000 RPM dan 8000 RPM, after market camshaft lebih baik, namun pada putaran 4000 RPM dan 6000 RPM standard camshaft memiliki nilai lebih baik. Pada pengujian uji emisi gas buang, kandungan karbon tertinggi dihasilkan oleh after market camshaft, kandungan karbondioksida tertinggi dihasilkan after market camshaft, kandungan hidrokarbon tertinggi dihasilkan standard camshaft, dan kandungan oksigen tertinggi dihasilkan standard camshaft.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12264
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV