dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.advisor | SUDARJA | |
dc.contributor.author | UTOMO, OKTI TRI | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T05:54:16Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T05:54:16Z | |
dc.date.issued | 2017-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12264 | |
dc.description | Camshaft merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan motor
bakar 4 langkah. Fungsi dari camshaft adalah sebagai penggerak katup hisap untuk
memasukan bahan bakar dari karburator melalui saluran hisap dan memasuki ruang
bakar. Camshaft juga menggerakan katup buang untuk mengeluarkan hasil pembakaran
melalui saluran buang menuju pembuangan knalpot. Perbedaan pergerakan camshaft
pada durasi dan lift akan berpengaruh pada waktunya bahan bakar yang masuk dan
keluar dari ruang bakar pada proses pembakaran.
Penelitian ini dilakukan menggunakan dua variasi, yaitu standard camshaft dan
after market camshaft. Pengukuran camshaft dilakukan menggunakan metode dial
indikator dan busur derajat untuk mengetahui data durasi dan lift dari camshaft,
sedangkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian torsi dan
daya, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, dan juga pengujian emisi gas buang.
Dari hasil pengujian pada dinamometer didapatkan bahwa torsi dan daya yang
dihasilkan standard camshaft lebih tinggi. Dari pengujian konsumsi bahan bakar
spesifik didapat hasil pada putaran 2000 RPM dan 8000 RPM, after market camshaft
lebih baik, namun pada putaran 4000 RPM dan 6000 RPM standard camshaft memiliki
nilai lebih baik. Pada pengujian uji emisi gas buang, kandungan karbon tertinggi
dihasilkan oleh after market camshaft, kandungan karbondioksida tertinggi dihasilkan
after market camshaft, kandungan hidrokarbon tertinggi dihasilkan standard camshaft,
dan kandungan oksigen tertinggi dihasilkan standard camshaft. | en_US |
dc.description.abstract | Camshaft merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan motor
bakar 4 langkah. Fungsi dari camshaft adalah sebagai penggerak katup hisap untuk
memasukan bahan bakar dari karburator melalui saluran hisap dan memasuki ruang
bakar. Camshaft juga menggerakan katup buang untuk mengeluarkan hasil pembakaran
melalui saluran buang menuju pembuangan knalpot. Perbedaan pergerakan camshaft
pada durasi dan lift akan berpengaruh pada waktunya bahan bakar yang masuk dan
keluar dari ruang bakar pada proses pembakaran.
Penelitian ini dilakukan menggunakan dua variasi, yaitu standard camshaft dan
after market camshaft. Pengukuran camshaft dilakukan menggunakan metode dial
indikator dan busur derajat untuk mengetahui data durasi dan lift dari camshaft,
sedangkan pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pengujian torsi dan
daya, pengujian konsumsi bahan bakar spesifik, dan juga pengujian emisi gas buang.
Dari hasil pengujian pada dinamometer didapatkan bahwa torsi dan daya yang
dihasilkan standard camshaft lebih tinggi. Dari pengujian konsumsi bahan bakar
spesifik didapat hasil pada putaran 2000 RPM dan 8000 RPM, after market camshaft
lebih baik, namun pada putaran 4000 RPM dan 6000 RPM standard camshaft memiliki
nilai lebih baik. Pada pengujian uji emisi gas buang, kandungan karbon tertinggi
dihasilkan oleh after market camshaft, kandungan karbondioksida tertinggi dihasilkan
after market camshaft, kandungan hidrokarbon tertinggi dihasilkan standard camshaft,
dan kandungan oksigen tertinggi dihasilkan standard camshaft. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UMY | en_US |
dc.subject | Camshaft | en_US |
dc.subject | Katup | en_US |
dc.subject | Durasi | en_US |
dc.subject | Lift | en_US |
dc.subject | Torsi | en_US |
dc.subject | Daya | en_US |
dc.title | PENGUJIAN STANDARD CAMSHAFT DAN AFTER MARKET CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
051 | en_US |