View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH INTERAKSI KOMUNIKASI ORANG TUA DARI KALANGAN EKONOMI RENDAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 0-3 TAHUN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (148.6Kb)
      BAB I (242.1Kb)
      BAB II (273.4Kb)
      BAB III (388.8Kb)
      BAB IV (202.2Kb)
      BAB V (85.03Kb)
      COVER (105.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (433.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (221.6Kb)
      ABSTRAK (147.1Kb)
      LAMPIRAN (3.605Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (424.9Kb)
      Date
      2017-04-06
      Author
      ISNAINI, SYUKURINA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang :Kemampuan bahasa adalah kemampuan memberi respon suara, berbicara, berkomunikasi, dan mengikuti perintah. Data RS Dr. Kariadi Semarang tahun 2007, 22,9% anak terlambat berbicara, dan 2,98% anak mengalami gangguan perkembangan bahasa. Gangguan perkembangan bahasa pada fase “Golden age" akan mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan. Interaksi komunikasi serta status sosio ekonomi keluarga juga berhubungan dengan perkembangan bahasa anak.Oleh karena pentingnya perkembangan bahasa anak pada fase “Golden age", maka diperlukan penelitian tentang pengaruh interaksi komunikasi orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia 0-3 tahun pada kalangan masyarakat ekonomi rendah di Kota Yogyakarta. Metode :Cohort prospective dilakukan terhadap 35 anak usia 0-3 tahun di Kelurahan Keparakan, Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta melalui dua kali pengambilan data dengan jeda observasi selama tiga bulan. Dilakukan Uji Spearman untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan variabel terikat, serta Uji Regresi Logistik Ordinal untuk mengetahui faktor mana yang berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil :Terdapat hubungan antara durasi/kuantitas interaksi komunikasi orang tua terhadap perkembangan bahasa anak (p<0,001). Selanjutnya, kuantitas interaksi lebih berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak dibandingkan dengan kualitas interaksi (p=0,481). Sedangkan, faktor lain yang berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak adalah jenis kelamin (p = 0,013). Hal ini disebabkan oleh perbedaan faktor identifikasi serta jenis aktivitas atau permainan anak yang berbeda. Kesimpulan :Semakin lama interaksi komunikasi orang tua maka semakin rendah kejadian gangguan bahasa pada anak.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12270
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV