View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Economics
      • Department of Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI MEREK DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MEREK PERINTIS DAN MEREK PENGIKUT PADA PRODUK SABUN DETERJEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (16.55Kb)
      HALAMAN JUDUL (470.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (409.4Kb)
      ABSTRACT (90.49Kb)
      BAB I (258.7Kb)
      BAB II (399.3Kb)
      BAB III (471.2Kb)
      BAB IV (496.1Kb)
      BAB V (270.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (196.1Kb)
      LAMPIRAN (703.6Kb)
      Date
      2017-04-26
      Author
      WIBOWO, SUSATYO ADHI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sikap selektif didalam memilih merek produk sabun deterjen menjadi hal yang umum dilakukan oleh konsumen khususnya ibu-ibu rumah tangga yang sering menggunakan sabun deterjen untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bagi konsumen mempercayai merek terkenal adalah cara untuk mengurangi resiko. Akibatnya, hal tersebut membuat merek terkenal mendapatkan antusiasme yang tinggi dari konsumen dan dominasi pasar meskipun harganya tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap merek perintis dan merek pengikut, membandingkan sikap konsumen terhadap merek Rinso sebagai merek perintis dalam kategori produk sabun deterjen dengan So Klin sebagai merek pengikutnya, mengidentifikasi perbedaan sikap antara konsumen yang mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis dengan konsumen yang tidak mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Februari 2017. Lokasi penelitian di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Subjek penelitian adalah ibu rumah tangga sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur evaluasi merek dan sikap konsumen terhadap merek perintis dan merek pengikut pada produk sabun deterjen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mean dan stendard deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan konsumen yang mengetahui Rinso merupakan merek perintis tidak memiliki sikap yang lebih baik pada Rinso daripada terhadap So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,230. Konsumen yang tidak mengetahui Rinso merupakan merek perintis memiliki sikap yang sama antara Rinso dan So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,040. Untuk produk deterjen merek Rinso tidak ada perbedaan yang signifikan antara konsumen yang mengetahui bahwa rinso merupakan merek perintis dengan konsumen yang tidak mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis, karena nilai probabilitas sebesar 0,243. Tetapi sebaliknya untuk So Klin, dalam hal ini terdapat perbedaan yang signifikan pada produk So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,016. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang sebelumnya sudah pernah mendengarkan dan melihat media promosi Rinso dan So Klin lebih dari tiga kali. Media-media tersebut berupa media cetak, media elektronik dan media siber. Ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya sudah pernah membeli dan menggunakan sabun deterjen merek Rinso dan So Klin.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12327
      Collections
      • Department of Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV