EVALUASI MEREK DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP MEREK PERINTIS DAN MEREK PENGIKUT PADA PRODUK SABUN DETERJEN
Abstract
Sikap selektif didalam memilih merek produk sabun deterjen menjadi hal yang umum dilakukan oleh konsumen khususnya ibu-ibu rumah tangga yang sering menggunakan sabun deterjen untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bagi konsumen mempercayai merek terkenal adalah cara untuk mengurangi resiko. Akibatnya, hal tersebut membuat merek terkenal mendapatkan antusiasme yang tinggi dari konsumen dan dominasi pasar meskipun harganya tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap merek perintis dan merek pengikut, membandingkan sikap konsumen terhadap merek Rinso sebagai merek perintis dalam kategori produk sabun deterjen dengan So Klin sebagai merek pengikutnya, mengidentifikasi perbedaan sikap antara konsumen yang mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis dengan konsumen yang tidak mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Februari 2017. Lokasi penelitian di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Subjek penelitian adalah ibu rumah tangga sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat ukur evaluasi merek dan sikap konsumen terhadap merek perintis dan merek pengikut pada produk sabun deterjen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mean dan stendard deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan konsumen yang mengetahui Rinso merupakan merek perintis tidak memiliki sikap yang lebih baik pada Rinso daripada terhadap So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,230. Konsumen yang tidak mengetahui Rinso merupakan merek perintis memiliki sikap yang sama antara Rinso dan So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,040. Untuk produk deterjen merek Rinso tidak ada perbedaan yang signifikan antara konsumen yang mengetahui bahwa rinso merupakan merek perintis dengan konsumen yang tidak mengetahui bahwa Rinso merupakan merek perintis, karena nilai probabilitas sebesar 0,243. Tetapi sebaliknya untuk So Klin, dalam hal ini terdapat perbedaan yang signifikan pada produk So Klin, karena nilai probabilitas sebesar 0,016. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang sebelumnya sudah pernah mendengarkan dan melihat media promosi Rinso dan So Klin lebih dari tiga kali. Media-media tersebut berupa media cetak, media elektronik dan media siber. Ibu-ibu rumah tangga yang sebelumnya sudah pernah membeli dan menggunakan sabun deterjen merek Rinso dan So Klin.