PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian dan implikasinya terhadap loyalitas konsumen pada konsumen Ades. Penelitian ini dilakukan di D.I. Yogyakarta.
Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling, dan nonprobability sampling yang digunakannya adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 orang yang merupakan konsumen yang pernah mengkonsumsi air mineral Ades. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling dengan bantuan software Amos. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa green marketing secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, green marketing secara langsung berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen, keputusan pembelian secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dan green marketing secara tidak langsung memiliki pengaruh lebih kecil terhadap loyalitas konsumen melaui keputusan pembelian sebagai variabel intervening.