View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PELAJARAN IBADAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 WATES

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.82Kb)
      HALAMAN JUDUL (131.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (348.0Kb)
      ABSTRAK (127.3Kb)
      BAB I (172.3Kb)
      BAB II (200.2Kb)
      BAB III (228.8Kb)
      BAB IV (434.5Kb)
      BAB V (89.25Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (80.80Kb)
      LAMPIRAN (793.3Kb)
      Date
      2017
      Author
      KHOIRINI, ANISA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode cooperative learning tipe STAD untuk anak berkebutuhan khusus dalam pelajaran ibadah, (2) mengetahui prestasi anak berkebutuhan khusus sebelum penerapan metode cooperative learning tipe STAD pada pelajaran ibadah, (3) Untuk mengetahui prestasi anak berkebutuhan khusus (ABK) setelah penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah, dan (4) untuk mengetahui metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus dalam pelajaran ibadah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan disertai dengan tabel dan angka untuk memudahkan dalam pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus dimulai dari pembagian kelompok, penjelasan dari guru, kegiatan belajar dalam tim, tes dan pemberian penghargaan kepada siswa. (2) Prestasi sebelum penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus sangat rendah. Data menunjukkan bahwa siswa tunagrahita tidak mau mengerjakan soal sebelum dilaksanakannya metode dan siswa tunadaksa mendapatkan nilai 40. (3) Prestasi setelah penerapan metode cooperative learning tipe STAD dalam pelajaran ibadah pada anak berkebutuhan khusus meningkat. Pada siklus I mendapatkan nilai 20 dan bagi siswa tunadaksa mendapatkan nilai 47. Hasil pada tindakan siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan skor penilaiaan kedua anak berkebutuhan khusus mendapat nilai 60. Hasil siklus III kembali menunjukkan peningkatan dan hasil penilaian kedua siswa berkebutuhan khusus telah mencapai Kriteria Kentutasan Minimal (KKM) yaitu 75. (4) Dengan demikian, penerapan metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar anak berkebutuhan khusus pada pelajaran ibadah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12350
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV