View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN BANTUL, RING ROAD SELATAN, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (23.44Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.457Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (4.485Mb)
      ABSTRAK (8.974Kb)
      BAB I (126.4Kb)
      BAB II (271.9Kb)
      BAB III (548.0Kb)
      BAB IV (239.9Kb)
      BAB V (696.3Kb)
      BAB VI (15.10Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (7.765Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (682.8Kb)
      Date
      2017-05-08
      Author
      PAMBUDI, ADI WIDYA EKA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peningkatan jumlah penduduk, dan kegiatan yang dilakukannya menyebabkan kebutuhan akan pergerakan ikut meningkat. Peningkatan ini berdampak pula pada transportasi yaitu dengan meningkatnya jumlah kendaraan. Sebagai akibatnya, kapasitas ruas jalan mengalami penurunan dan menyebabkan terjadinya kemacetan. Selain itu, kemacetan pada simpang yang dilengkapi dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) sering terjadi pada jam-jam tertentu terutama pada simpang yang berada pada area komersial. Salah satunya adalah simpang yang berada di Jalan Bantul yang memiliki arus lalu lintas yang cukup tinggi. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kinerja simpang APILL tersebut. Akibatnya sering terjadi antrian dan tundaan. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi kinerja simpang sehingga pergerakan arus lalu lintas lancar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja simpang APILL pada Jl Bantul menggunakan metode survei traffic counting dan evaluasi menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa volume arus lalu lintas jam puncak berada pada pukul 07.00-08.00 dengan jumlah 12831 kend/jam. Arus lalu lintas yang terjadi pada lengan Utara (Jalan Bantul) sebesar 509 skr/jam, dari lengan Timur (Jalan Nasional) sebesar 1388 skr/jam, dari lengan Selatan (Jalan Bantul) sebesar 1225 skr/jam, lengan Barat (Jalan Nasional) sebesar 777 skr/jam. Kapasitas yang terjadi pada lengan Utara sebesar 577 skr/jam, dari lengan Timur sebesar 1306 skr/jam, dari lengan Selatan sebesar 799 skr/jam, lengan Barat sebesar 1214 skr/jam. Derajat kejenuhan pada lengan Utara sebesar 0,88, dari lengan Timur sebesar 1,06, dari lengan Selatan sebesar 1,53, lengan Barat sebesar 0,64. Panjang antrian yang terjadi pada lengan Utara sebesar 112 meter, dari lengan Timur sebesar 113 meter, dari lengan Selatan sebesar 221 meter, lengan Barat sebesar 77 meter. Nilai tundaan yang dihasilkan simpang Wirobrajan adalah 407 detik/skr, sehingga tingkat pelayanan simpang pada kondisi jam sibuk tergolong pada golongan F karena >60 detik/smp. Simpang tersebut perlu dilakukan perbaikan, dengan alternatif terbaik yaitu dengan mengubah waktu siklus, membuat arus belok kiri jalan terus pada lengan timur dan selatan, serta melakukan pelebaran jalan sebesar 0,5 meter pada tiap lengan. Alternatif skenario ini dianggap sebagai suatu pilihan terbaik dari alternatif yang lainnya, karena menghasilkan nilai D J yang lebih rendah dari alternative lain yaitu sebesar 0,88 dengan nilai tundaan sebesar 55 det/skr dengan tingkat pelayanan E.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12369
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV