PENGARUH PERSEPSI HARGA, KETIDAKPUASAN, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERILAKU BERPINDAH MEREK PADA SMARTPHONE SAMSUNG
Abstract
Minat masyarakat pada smartphone sangatlah tinggi. Hal ini tentu akan berpengaruh pada situasi persaingan bisnis. Banyaknya varian merek bermunculan yang ditawarkan di pasaran tentu akan mendorong keinginan konsumen untuk berpindah merek dan berdampak pada rentannya loyalitas konsumen terhadap merek. Oleh sebab itu dilakukannya sebuah penelitian berjudul “Pengaruh Persepsi Harga, Ketidakpuasan, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perilaku Berpindah Merek pada Smartphone Samsung”.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, ketidakpuasan, dan kebutuhan mencari variasi terhadap perilaku berpindah merek. Sampel penelitian adalah mahasiswa UMY yang merupakan mantan pengguna smartphone Samsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan membagikan kuesionerk epada 140 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Uji kualitas instrumen yang digunakan adalah uji Validitas dan Reliabilitas. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil besarnya sumbangan pengaruh dari ketiga variabel melalui (adjusted R2) yaitu dalam kategori tinggi. Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara variabel independen terhadap dependen. Hasil penelitian menunjukkan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berpindah merek. Ketidakpuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku berpindah merek. dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap berpindah merek. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai regresi yang diperoleh bernilai positif dan signifikan.