View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO BANTUL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.151Mb)
      NOTA DINAS (350.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (369.6Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (186.9Kb)
      ABSTRAK (73.06Kb)
      BAB I (110.0Kb)
      BAB II (182.5Kb)
      BAB III (117.7Kb)
      BAB IV (332.4Kb)
      BAB V (98.59Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (94.98Kb)
      LAMPIRAN (4.803Mb)
      Date
      2017
      Author
      MAULANA, EKHY SHIDIQ
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Pleret Bantul, ditinjau dari segi konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (output). Jenis Penelitian ini evaluative expost facto. Model pendekatan mixed method menggunakan model CIPP dari Stufflebeam. Subjek penelitian ustadz-ustadzah sorogan, pengurus dan beberapa santri putra dan putri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis untuk data kualitatif digunakan teori Miles Hilberman meliputi reduksi, display, trianguasi, kesimpulan dan untuk analisi kuantitatif digunakan statistik diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan minimnya yang bisa membaca kitab kuning, kurangnya pengkaderan dan belum disosialisasikannya program metode sorogan. Penentuan program melibatkan stakeholder (2) Evaluasi Input dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan proses penyeleksian ustadz karena beliau harus mempunyai wawasan yang memadai tentang ilmu nahwu dan sharaf. Penerimaan santri tanpa melalui penyeleksian (3) Evaluasi process pembelajaran sorogan di pondok tidak terkait pada suatu kurikulum. Materi yang disampaikan merupakan kebijakan dari ustadz bahkan ada yang berdasarkan musyawarah dengan santri. Pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran nahwu, sharaf berbeda dengan metode sorogan yang diterapkan pada umumnya yaitu santri maju satu per satu dihadapan ustadz kemudian menyorogkan kitab yang telah dipelajari sebelumnya. Sedangkan ustadz hanya menyimak, jika terjadi kesalahan langsung dibenarkan, setelah itu santri menjelaskan maksud dari bacaan dan ustadz mengajukan pertanyaan seputar nahwu, sharaf dan pemaham dari teks yang telah dibaca (4) Evaluasi product pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan dikategorokan sudah berhasil. Hal ini, terbukti jumlah santri yang lulus yaitu 82,74% dan rata-rata santri yang tidak lulus yaitu 17,25%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12373
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV