View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI POLA OPERASI JALUR KERETA API GANDA SUMBER AGUNG-SUNGAI LILIN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (74.15Kb)
      HALAMAN JUDUL (585.7Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (364.2Kb)
      ABSTRAK (11.77Kb)
      BAB I (123.1Kb)
      BAB II (171.4Kb)
      BAB III (699.6Kb)
      BAB IV (197.4Kb)
      BAB V (1.299Mb)
      BAB VI (22.18Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (104.4Kb)
      LAMPIRAN (1.494Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.026Mb)
      Date
      2017-05-24
      Author
      UTAMI, CEPTI PUTRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya alam pertambangan terbesar, serta memberikan sumbangan terbesar terhadap pendapatan negara. Potensi alam tersebut salah satunya terdapat di Kabupaten Musi Banyuasin sebagai penyumbang terbesar terhadap perekonomian (PDRB) yaitu 66,86% pada sektor pertambangan, setelah itu 12,35% disusul pada sektor pertanian. Menurut data BPS (2017), jumlah penduduk di Kabupaten Musi Banyuasin menunjukan adanya peningkatan dari tahun ke tahun. Upaya Pemerintah guna mengembangkan potensi sumber daya alam yang belum optimal dilakukan pengembangan jaringan jalan kereta api dengan merencanakan pembangunan jalur ganda pada lintas layanan Sumber Agung-Sungai Lilin yang diharapakan agar semua jaringan kereta api dari Aceh hingga Lampung dapat terkoneksi ke sentra ekonomi perdagangan, industri, pertambangan dan perminyakan serta pelabuhan. Penelitian ini bertujuan merencanakan pola operasi jalur kereta api jalur ganda, merancang tipikal tata letak serta panjang jalur efektif, merencanakan pengaturan lalulintas dan merencanakan rute-rute perjalanan kereta api yang dapat terbentuk, terpakai, berkonflik dan tingkat pembebanan rute terhadap frekuensi pada masing-masing stasiun pada lintas layanan Stasiun Sumber Agung-Sungai Lilin. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait yang berwenang. Metode analisis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, berupa: data dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, data Rencana Induk Perkerataapian Nasional (RIPNas) tahun 2011, serta acuan hukun atau normatif yang berlaku. Hasil penelitian menunjukan bahwa Stasiun Sumber Agung, Sri Gunung dan Peninggalan merupakan stasiun kelas kecil yang direncanakan sebagai stasiun penumpang, masing-masing stasiun memiliki 4 jalur dengan 5 rute terbentuk, ratio rute berkonflik (CR) sebesar 0,68 dan tingkat pembebanan rute sebesar 0,50, sedangkan pada Stasiun Sungai Lilin merupakan stasiun kelas sedang yang direncanakan sebagai stasiun penumpang dan barang memiliki 6 jalur dengan 6 rute terbentuk, ratio rute berkonflik (CR) sebesar 0,50 dan tingkat pembebanan rute sebesar 0,50.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12383
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV