ANALISIS PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI PRODUK DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK PRODUK KRIM WAJAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merek. Penelitian ini juga melihat dampak dari kebutuhan mencari variasi sebagai variabel moderasi pada perilaku perpindahan merek. Model regresi yang digunakan dalam penelitian menggunakan regresi linear berganda dan uji nilai selisih mutlak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Karakteristik kategori produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Sedangkan kebutuhan mencari variasi merupakan prediktor moderasi (Predictor Moderasi Variable), artinya bahwa variabel moderasi ini hanya berperan sebagai variabel prediktor (independen) dalam model hubungan yang dibentuk.