PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen TOKO KU kopma UMY. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen TOKO KU dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji F dan uji t.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,463 dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,540 dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh dari ketiga variabel melalui (adjusted R2) yaitu sebesar 0,886 atau 88,6%. Artinya sebesar 11,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian..