PERAN LINGKUNGAN FISIK, PERSEPSI HARGA, DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN PADA INDUSTRI HIBURAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran dimensi lingkungan fisik, persepsi harga, dan kepuasan konsumen dalam membentuk loyalitas konsumen pada industri hiburan. Informasi yang didapat dari penelitian ini sangat penting bagi institusi sebagai bahan pertimbangan untuk menciptakan atau mempertahankan loyalitas konsumen. Subjek penelitian ini adalah konsumen Princess Syahrini F-KTV di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 134 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 dimensi lingkungan fisik tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhdap persepsi harga, tetapi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa persepsi harga dan kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen, selain itu persepsi harga juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengaruh variabel mediasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi harga sama sekali tidak memiliki pengaruh sebagai mediator, sedangkan kepuasan konsumen menjadi mediator sempurna, kecuali pada hubungan antara dekorasi dengan loyalitas konsumen.