PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DIKANTOR CABANG GEDONG KUNING YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara simultan dan parsial Pengaruh Kualitas Pelayanan yang meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness, Asurance, Empathy Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan. Obyek penelitian ini adalah BPJS Kesehatan yang beralamat di Jalan Gedong Kuning No 130A, Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan dikantor Cabang Gedong Kuning Yogyakarta.
Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dan menggunakan uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Secara parsial hasil pengujian menunjukan bahwa yang paling berpengaruh adalah variabel keandalan (reliability) dengan nilai signifikan sebesar 0,047 , sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh yaitu empati yang memiliki nilai signifikan sebesar 0,144, artinya > 0,05. Artinya dari kelima variabel tersebut hanya empati yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan.