View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUD KOTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (55.68Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.158Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (341.9Kb)
      ABSTRAK (153.9Kb)
      BAB I (172.4Kb)
      BAB II (220.3Kb)
      BAB III (191.7Kb)
      BAB IV (242.9Kb)
      BAB V (90.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (234.8Kb)
      LAMPIRAN (1.239Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (412.8Kb)
      Date
      2017-04-29
      Author
      SUHAILA, ERDA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Komunikasi merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki oleh perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien. Perawat yang memiliki ketrampilan berkomunikasi tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, juga mencegah terjadinya masalah illegal, memberikan kepuasan profesional dalam pelayanan keperawatan untuk meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit. Komunikasi yang diterapkan oleh perawat kepada pasien merupakan komunikasi terapeutik. Oleh karena itu pengukuran kepuasan pasien terhadap komunikasi perawat akan bermanfaat dalam memonitor dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di instalasi bedah sentral RSUD Kota Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitan berupa deskriptif inferensial dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 140 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda. Hasil dan Pembahasan: Komunikasi terapeutik yang diteliti ada 3 tahap yaitu tahap orientasi, tahap kerja dan tahap terminasi. Hasil uji analisis komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di isntalsi bedah central RSUD Kota Yogyakarta didapatkan nilai yang sangat signifikan (p<0,05), tahap orientasi (3,362, p=0,001), tahap kerja (2,188, p=0,030) dan tahap terminasi (2,151, p=0,033). Kesimpulan: Terdapat pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di isntalasi bedah sentral RSUD Kota Yogyakarta, dan tahap orientasi komunikasi terapeutik merupakan tahap yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12521
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV