View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA (EPI) PADA IKLAN BALIHO DI DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (160.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (330.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (601.5Kb)
      ABSTRACT (111.5Kb)
      BAB I (328.2Kb)
      BAB II (65.05Kb)
      BAB III (415.2Kb)
      BAB IV (77.09Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (79.14Kb)
      LAMPIRAN (686.5Kb)
      Date
      2017-04-21
      Author
      GILRANDY, DIMAS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Periklanan adalah komunikasi non-personal, melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan, organisasi, non-profit dan individu-individu dengan menggunakan pesan iklan yang diharapkan dapat menginformasikan atau membujuk kalangan tertentu yang membaca pesan tersebut. Beragam media periklanan yang digunakan salah satunya adalah media luar ruang yaitu baliho. Terdapat berbagai aturan dan pedoman dalam beriklan di media luar ruang yang telah diatur dalam kitab Etika Pariwara Indonesia. Penelitian ini berusaha mengungkapkan objektivitas pelanggaran Etika Pariwara Indonesia pada iklan baliho di Daerah Kota Yogyakarta tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kuantitatif jenis-jenis pelanggaran Etika Pariwara Indonesia serta untuk mengetahui frekuensi pelanggaran Etika Pariwara Indonesia pada iklan baliho di Dearah Kota Yogyakarta tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yaitu dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis isi kuantitatif yaitu untuk mendeskripsikan secara objektivitas, sistematis, dan kuantitatif isi komunikasi yang tampak (manifest). Setelah dilakukan analisis terhadap 11 pasal yang diteliti, hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa iklan baliho di Daerah Kota Yogyakarta tahun 2016 melakukan pelanggaran Etika Pariwara Indonesia terhadap 5 pasal. Hal ini didapatkan dari hasil uji reabilitas yang menunjukkan persentase diatas angka minimal 70%. Dari setiap pasal yang melanggar ditemukan persentase terendah sebesar 93%, artinya hanya ditemuakn 7% perbedaan antara N1 dan N2. Hal ini membuktikan bahwa benar adanya pelanggaran EPI pada iklan baliho di Daerah Kota Yogyakarta tahun 2016. Serta jenis pelanggaran tertinggi yaitu pada pasal konstruksi iklan harus tampil harmonis secara fisik dan estetika sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku sebesar 32,8% dengan jumlah frekuensi sebanyak 24 pelanggaran dari jumlah populasi sebanyak 73 iklan baliho di Daerah Kota Yogyakarta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12749
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV