View Item 
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IbM PENINGKATAN PELAYANAN, PEMASARAN DAN KEAMANAN BAGI PENYEDIA JEEP WISATA DI KAWASAN WISATA KALIURANG

      Thumbnail
      View/Open
      Lap. Akhir_IbM, Anang_juhari.pdf (992.6Kb)
      Date
      2016-11
      Author
      SYA'RONI, ANANG
      JUHARI, JUHARI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      RINGKASAN Sejak terjadinya erupsi Merapi tahun 2010 kondisi pariwisata Kabupaten Sleman mengalami penurunan yang cukup drastis. Demikian juga hal itu terjadi di destinasi wisata unggulan yaitu kawasan wisata Kaliurang. Pasca erupsi Merapi Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan recovery image pariwisata dengan menggelar event “Sleman Bangkit” yang berbuah cukup manis dengan mulai pulihnya kondisi pariwisata seperti semula. Sejak mulai pulih kembali tahun 2012 memunculkan ide bagi para pemuda di Kaliurang untuk membuat atraksi wisata berupa jeep advanture yang mengunjungi obyek wisata yang terkena dampak erupsi Merapi atau yang muncul pasca erupsi Merapi. Kegiatan penyediaan jeep wisata tersebut hingga sekarang telah berlangsung cukup baik namun masih ditemui kendala antara lain : belum adanya kerja tim yang padu dalam pemberian pelayanan kepada wisatawan, belum dipahaminya secara baik tentang pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan keselamatan wisatawan, keterampilan dalam mengoperasionalkan jeep wisata, dan belum optimalnya penggunaan internet sebagai media promosi. Dari permasalahan yang muncul tersebut program pengabdian masyarakat ini didesain untuk mencari solusi berupa diadakannya outbound training untuk menumbuhkan kerjasama tim yang solid, pelayanan pariwisata yang berorientasi pada kepuasan wisatawan, pelatihan mengendarai yang aman dan memberi perlindungan kepada penumpang, serta pembuatan website yang interaktif untuk dijadikan sebagai media promosi dan sekaligus untuk pemesanan paket wisata adventure. Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan menghasilkan luaran antara lain: seragam yang menarik, brosur/leaflet, dan website “Kaliurang Advanture”, serta website “Yoes Advanture”. Demikian juga sudah dilaksanakan kegiatan outbound training untuk menambah kebersamaan dan pelatihan keterampilan berkendara agar tercipta rasa aman bagi pengemudi maupun wisatawan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13631
      Collections
      • Report on Community Services

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV