View Item 
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 07. RESEARCH CENTER
      • Learning Center's Research
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI PEMBELAJARAN AIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      Laporan Akhir Pen PAI-AIK. LPPI.doc (1.068Mb)
      Date
      2017-03
      Author
      KHILMIYAH, AKIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan:(1)untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran AIK di UMY, (2) untuk mengkaji tingkat kecerdasan emosional dan social mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan AIK, (3) untuk mengidentifikasi karakter dan akhlak mulia yang belum dikuasai mahasiswa, dan (4) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi, sosial terhadap akhlak mahasiswa, (5).untuk menemukan inovasi pembelajaran AIK. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif ekspos facto. Penelitian mixed method ini bercorak diskriptif analitis. Penelitian ini menggunaakan pendekatan IPO (Input, Proses, dan Produk), karena terdapat perbedaan pemahaman agama dari responden dalam situasi yang berbeda-beda. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di UMY pada fakultas yang mengajarkan AIK I yang berisi materi aqidah akhlak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 8 dosen AIK dan 152 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Fisipol, Teknik, Pertanian, Kedokteran Ilmu Kesehatan, Pendidikan Bahasa dan Agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, korelasi Produck Moment dan regresi. Teknik analisis kualitatif mengikuti tahapan dari Miles dan Hubarman, meliputi: kategorisasi data, reduksi data, display data, dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil Penelitian: (1) Pelaksanaan pembelajaran AIK yang selama ini diterapkan di UMY sudah berjalan dengan cukup baik. (2) kecerdasan emosional dan social mahasiswa kemampuan yang paling baik adalah dimensi kepedulian sosial dan kesadaran diri, yang masuk kategori sedang adalah kemampuan manajemen diri dan tanggung jawab sosial, dan yang paling rendah adalah kemampuan menjalin hubungan baik dengan orang lain. (3) Akhlak mahasiswa yang masih tergolong rendah adalah pergaulan antar muhrim, penggunaan busana yang ketat, boncengan dengan lain muhrim, menyontek, berat menjalankan sholat dhuha dan tahajut, rendahnya kebiasaan membaca al Qur’an, masih suka membangkang orang tua, dan masih suka berbohong. Sedangkan akhlak yang sudah baik meliputi sikap percaya diri, keaktifan mengikuti organisasi mahasiswa, tingginya sikap birrul walidain. (4) Ada pengaruh kecerdasan emosi dan sosial terhadap akhlak mahasiswa UMY. (5) Inovasi strategi pembelajaran AIK dengan pendekatan SEL perlu dilakukan di UMY dengan cara melakukan inovasi model pembelajaran yang lebih bersifat problem solving dan mensingkronkan materi AIK dengan program KIAI serta pendampingan PAI.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13753
      Collections
      • Learning Center's Research

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV