Show simple item record

dc.contributor.authorKHILMIYAH, AKIF
dc.date.accessioned2017-08-29T05:18:12Z
dc.date.available2017-08-29T05:18:12Z
dc.date.issued2017-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13753
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan:(1)untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran AIK di UMY, (2) untuk mengkaji tingkat kecerdasan emosional dan social mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan AIK, (3) untuk mengidentifikasi karakter dan akhlak mulia yang belum dikuasai mahasiswa, dan (4) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi, sosial terhadap akhlak mahasiswa, (5).untuk menemukan inovasi pembelajaran AIK. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif ekspos facto. Penelitian mixed method ini bercorak diskriptif analitis. Penelitian ini menggunaakan pendekatan IPO (Input, Proses, dan Produk), karena terdapat perbedaan pemahaman agama dari responden dalam situasi yang berbeda-beda. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di UMY pada fakultas yang mengajarkan AIK I yang berisi materi aqidah akhlak. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 8 dosen AIK dan 152 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Fisipol, Teknik, Pertanian, Kedokteran Ilmu Kesehatan, Pendidikan Bahasa dan Agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, korelasi Produck Moment dan regresi. Teknik analisis kualitatif mengikuti tahapan dari Miles dan Hubarman, meliputi: kategorisasi data, reduksi data, display data, dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil Penelitian: (1) Pelaksanaan pembelajaran AIK yang selama ini diterapkan di UMY sudah berjalan dengan cukup baik. (2) kecerdasan emosional dan social mahasiswa kemampuan yang paling baik adalah dimensi kepedulian sosial dan kesadaran diri, yang masuk kategori sedang adalah kemampuan manajemen diri dan tanggung jawab sosial, dan yang paling rendah adalah kemampuan menjalin hubungan baik dengan orang lain. (3) Akhlak mahasiswa yang masih tergolong rendah adalah pergaulan antar muhrim, penggunaan busana yang ketat, boncengan dengan lain muhrim, menyontek, berat menjalankan sholat dhuha dan tahajut, rendahnya kebiasaan membaca al Qur’an, masih suka membangkang orang tua, dan masih suka berbohong. Sedangkan akhlak yang sudah baik meliputi sikap percaya diri, keaktifan mengikuti organisasi mahasiswa, tingginya sikap birrul walidain. (4) Ada pengaruh kecerdasan emosi dan sosial terhadap akhlak mahasiswa UMY. (5) Inovasi strategi pembelajaran AIK dengan pendekatan SEL perlu dilakukan di UMY dengan cara melakukan inovasi model pembelajaran yang lebih bersifat problem solving dan mensingkronkan materi AIK dengan program KIAI serta pendampingan PAI.en_US
dc.description.sponsorshipLPPI UMYen_US
dc.publisherLPPI UMYen_US
dc.subjectEvaluasi AIK, SEL, karakter, akhlak mulia.en_US
dc.titleEVALUASI PEMBELAJARAN AIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record