PERANCANGAN USER EXPERIENCE SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti jalur tes dalam proses seleksi mahasiswa baru, siswa dan guru perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin salah satunya dengan mengikuti try out atau ujian simulasi. Agar persiapan lebih matang, siswa dan guru seharusnya merekap dan mengevaluasi hasil yang didapat sekaligus memetakan materi mana yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. Namun demikian, proses ini masih sulit dilakukan jika hanha menggunakan cara manual. jika hanya mengandalkan cara manual. Penelitian ini bertujuan membantu para guru dan siswa dalam merekap dan memetakan hasil asesmen dengan merancang user experience sebuah sistem rekap online berbasis tag. Dengan menggunakan tag, baik siswa maupun guru dapat melihat materi-materi mana yang menjadi kekuatan dan kelemahan mereka selama ini. Informasi ini diharapkan dapat membantu dalam menyusun strategi pembelajaran atau strategi menghadapi ujian berikutnya. Penelitian dilakukan menggunakan user centered design. Harapannya, dengan strategi yang lebih terorganisir, siswa dapat belajar lebih baik, meningkatkan nilai, dan diterima di universitas yang diharapkan