Show simple item record

dc.contributor.authorHANDAYANI, DYAH
dc.date.accessioned2017-08-31T08:50:42Z
dc.date.available2017-08-31T08:50:42Z
dc.date.issued2016-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14167
dc.descriptionRiset di Indonesia tentang perilaku konsumen rumah sakit telah banyak dilakukan, tetapi masih jarang penelitian yang menerapkan theory of planned behavior pada konsumen rumah sakit. Dikatakan oleh teori ini bahwa faktor yang mempengaruhi seseorang memilih atau tidak memilih suatu produk (termasuk layanan rumah sakit) dikemukakan oleh Ajzen (1987,1988) yaitu attitude toward behavior, subjective norm dan perceived behavioral control. Studi ini menerapkan theory of planned behavior pada konsumen rumah sakit untuk menganalisis seberapa besar ketiga faktor tersebut mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih layanan rumah sakit, serta menganalisis faktor yang paling mempengaruhi keputusan tersebut. Temuan ini dapat membantu manajemen rumah sakit dalam menyusun perencanaan khususnya marketing planning dan marketing strategy.en_US
dc.description.abstractTheory of planned behavior dikemukakan oleh Ajzen (1987, 1988) menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi seseorang memilih atau tidak memilih suatu produk yaitu attitude toward behavior, subjective norm dan perceived behavioral control. Penelitian ini menerapkan theory of planned behavior pada konsumen Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini, pertama, mengidentifikasi sikap konsumen pada RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, kedua, mengidentifikasi norma subyektif konsumen dan referen yang paling berperan, ketiga, mengidentifikasi pengaruh sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku terhadap minat konsumen secara simultan dan parsial, keempat, mengidentifikasi variabel yang paling berpengaruh terhadap minat konsumen dalam memilih layanan rumah sakit. Subyek penelitian adalah konsumen yang pernah atau sedang mendapatkan layanan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive convenience sampling dan sampel sebanyak 100 responden (response rate = 83,33%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen pada RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta masuk dalam katagori sedang, prosentase skor sikap sebesar 54,8375% tidak jauh dari angka 50%. Skor sikap tertinggi pada layanan dokter dan skor sikap terendah pada tarip layanan. Norma subyektif konsumen masuk dalam katagori sedang, prosentase skor sebesar 50,666%. Referen yang paling berperan adalah keluarga. Ketiga variabel yaitu sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku pengaruh positif terhadap minat memilih layanan rumah sakit, baik secara simultan maupun parsial. Norma subyektif merupakan variabel yang paling mempengaruhi minat konsumen memilih layanan rumah sakit. Kata kunci: Theory of planned behavior, sikap konsumen, norma subyektif, kontrol perilaku, minat konsumen.en_US
dc.publisheren_US
dc.subjectKONSUMEN RUMAH SAKITen_US
dc.titleTHEORY OF PLANNED BEHAVIOR: APLIKASI PADA KONSUMEN RUMAH SAKITen_US
dc.title.alternativeTHEORY OF PLANNED BEHAVIOR: APLIKASI PADA KONSUMEN RUMAH SAKITen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record