View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Agriculture
      • Department of Agribusiness
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Agriculture
      • Department of Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PEMASARAN MELINJO SEBAGAI BAHAN BAKU EMPING MELINJO DI KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (7.578Kb)
      HALAMAN JUDUL (336.8Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (113.4Kb)
      ABSTRAK (143.9Kb)
      BAB I (152.3Kb)
      BAB II (309.2Kb)
      BAB III (369.1Kb)
      BAB IV (161.0Kb)
      BAB V (338.3Kb)
      BAB VI (141.0Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (164.8Kb)
      LAMPIRAN (32.50Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (582.5Kb)
      Date
      2017-05-23
      Author
      SYARIFA, CARLITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan saluran pemasaran melinjo sebagai bahan baku emping melinjo di Kecamatan Pajangan dan menentukan efisiensi saluran pemasaran. Responden sebanyak 32 petani dan 10 pedagang diambil menggunakan metode snowball sampling. Analisis pemasaran melinjo sebagai bahan baku emping melinjo dilakukan secara deskriptif, efisiensi pemasaran dengan analisis farmer’s share, Indeks Efisiensi Teknis (IET) dan Indeks Efisiensi Ekonomis (IEE). Saluran pemasaran melinjo sebagai bahan baku emping melinjo di Kecamatan Pajangan terdiri dari 3 saluran yaitu Saluran I (Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar Kabupaten – Pedagang Besar Penyebar– Pedagang Besar Provinsi – Pedagang Eceran – Pengrajin Emping Melinjo), Saluran II (Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar Kabupaten – Pedagang Besar Penyebar – Pedagang Eceran – Pengrajin Emping Melinjo), dan Saluran III (Petani – Pedagang Pengepul – Pedagang Besar Kabupaten – Pedagang Besar Penyebar – Pengrajin Emping Melinjo). Fungsi yang dilakukan fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan), fungsi fisik (pengemasan, pengepakan, penyimpanan, pengangkutan, dan bongkar muat), dan fungsi fasilitas (sortasi, grading, dan pengupasan). Biaya, marjin, dan keuntungan pemasaran terbesar terdapat pada Saluran I masing-masing sebesar Rp 1.532, Rp 3.900, dan Rp 2.368 per kg. Farmer’s share terbesar yaitu Saluran III sebesar 68,2%. IET terendah yaitu Saluran I sebesar 27,1 dan IEE terendah yaitu Saluran II sebesar 0,7276. Saluran I lebih efisien secara teknis dan Saluran II lebih efisien secara ekonomis. Saluran III merupakan saluran paling efisien karena memiliki farmer’s share tertinggi.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14507
      Collections
      • Department of Agribusiness

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV