GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENUMPATAN GIGI DI KLINIK FIRDAUS KOTAMADYA YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien dapat timbul setelah melakukan pelayanan
kesehatan gigi dan mulut. Survei kepuasan pelayanan pasien dapat dilakukan
setelah diberikan pelayanan pengobatan pada masyarakat untuk mengetahui
informasi yang dikeluhkan pasien.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan penumpatan gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan rancangan
cross sectional, sampel yaitu pasien yang melakukan penumpatan gigi di Klinik
Firdaus Kotamadya Yogyakarta dan bersedia menjadi sampel penelitian yang
diambil dengan cara total sampling pada bulan Oktober 2016 – Januari 2017.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat kepuasan pasien dengan 19
butir pernyataan menggunakan Dental Satisfaction Questionnaire (DSQ) oleh
Davies dan Ware dengan skala Likert yang dimodifikasi.
Hasil Penelitian: Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan penumpatan
gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta yang ditinjau dari 7 dimensi,
pernyataan dengan nilai tertinggi mengenai dokter gigi di klinik berusaha
mengurangi rasa sakit gigi ketika penambalan gigi sedangkan nilai terendah
mengenai pasien dirawat dengan dokter gigi yang sama setiap datang ke klinik.
Kesimpulan: Secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap pelayanan
penumpatan gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta.