dc.contributor.author | TAMARA, NENA | |
dc.date.accessioned | 2017-09-19T08:08:44Z | |
dc.date.available | 2017-09-19T08:08:44Z | |
dc.date.issued | 2017-06-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14655 | |
dc.description | Background: Patient satisfaction can arise after performing dental and oral
health services. Patient service satisfaction surveys can be done after the
treatment service provided to the public to find out the patient complained
information.
Research objective: This research aimed to know the description of patient
satisfaction level to service of dental restoration in the Clinic Firdaus Kotamadya
Yogyakarta.
Research methodology: The research type is descriptive research with cross
sectional design, the samples are patients who come to do dental restoration in
Clinic Firdaus Kotamadya Yogyakarta and willing to be research sample taken by
total sampling in October 2016 - January 2017. Data collection using patient
satisfaction level questionnaire with 19 point statement using Dental Satisfaction
Questionnaire (DSQ) by Davies and Ware with Modified Likert scale.
Research findings: The result of this research shows the description of patient
satisfaction with dental restoration in the Clinic Firdaus Kotamadya Yogyakarta
from 7 dimensions, the highest value statement is statement regarding dentists in
clinic trying to reduce tooth pain when restoration teeth, whereas the lowest value
is regarding patients treated with the same dentist every time coming to the clinic.
Conclusion: Overall the patient was satisfied to feel to the service dental
restoration in the Clinic Firdaus Kotamadya Yogyakarta | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang: Kepuasan pasien dapat timbul setelah melakukan pelayanan
kesehatan gigi dan mulut. Survei kepuasan pelayanan pasien dapat dilakukan
setelah diberikan pelayanan pengobatan pada masyarakat untuk mengetahui
informasi yang dikeluhkan pasien.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan penumpatan gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan rancangan
cross sectional, sampel yaitu pasien yang melakukan penumpatan gigi di Klinik
Firdaus Kotamadya Yogyakarta dan bersedia menjadi sampel penelitian yang
diambil dengan cara total sampling pada bulan Oktober 2016 – Januari 2017.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner tingkat kepuasan pasien dengan 19
butir pernyataan menggunakan Dental Satisfaction Questionnaire (DSQ) oleh
Davies dan Ware dengan skala Likert yang dimodifikasi.
Hasil Penelitian: Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan penumpatan
gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta yang ditinjau dari 7 dimensi,
pernyataan dengan nilai tertinggi mengenai dokter gigi di klinik berusaha
mengurangi rasa sakit gigi ketika penambalan gigi sedangkan nilai terendah
mengenai pasien dirawat dengan dokter gigi yang sama setiap datang ke klinik.
Kesimpulan: Secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap pelayanan
penumpatan gigi di Klinik Firdaus Kotamadya Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Penumpatan gigi, kepuasan pasien, Dental Satisfaction Questionnaire(DSQ). restoration, patient satisfaction, Dental Satisfaction Questionnare (DSQ) | en_US |
dc.title | GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENUMPATAN GIGI DI KLINIK FIRDAUS KOTAMADYA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
229 | en_US |