PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN APIKASI ODOO DAN MODUL EMPLPOYEE ATTENDANCE, LEAVE MANAGEMENT, DAN CALENDER
Abstract
Sumber daya manusia (SDM) memiliki peranan perting dalam sebuah
organisasi, isntitusi maupun perusahaan. SDM merupakan kunci sukses
perkembangan sebuah perusahaan. SDM berupa manusia yang dipekerjakan pada
sebuah organisasi sebagai pemikir, perencana, dan penggerak untuk mencapai
tujuan organisasi tersebut.
Enterprise Resource Planning (ERP) atau perencanaan sumber daya
perusahaan adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk
mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktivitas yang diperlukan
untuk menjalankan proses bisnis pada suatu perusahaan.
Pengembangan dan pengimplemtasian yang dilaksanakan adalah
pengembangan dan pengimplemtasian tentang pengembangan dan
pengimplementasian bisnis proses PT Grama Surya pada divisi divisi SDM
menggunakan perangkat lunak ERP yaitu Odoo. Pengembangan dan
pengimplemtasian ini terdiri dari lima tahap yaitu: Analisa Permasalahan, Studi
Lapangan, Perancangan Odoo, Penerapan Odoo, dan Pengujian Fungsional Odoo.
Tujuan pengembangan dan pengimplemtasian ini adalah untuk
pengembangan dan pengimlemtasian Odoo pada perusahaan PT Grama Surya divisi
SDM agar dapat mengoptimalkan pengolahan data yang masih diproses secara
konvensional. Pengoptimalan dalam setiap proses bisnis dapat meningkatkan
kualitas keamanan karena adanya pengaturan hak akses user (pengguna) dan
keakuratan data yang didapat dengan transaksi data yang real time, serta efisiensi
waktu yaitu meminimalisir penggunaan waktu yang diperlukan dalam pengelolaan
dokumen dibanding secara manual.