View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANCANGAN TATA LETAK JALUR DI STASIUN LEBAK JERO UNTUK MENDUKUNG OPERASIONAL JALUR GANDA KERETA API CICALENGKA-NAGREGLEBAK JERO

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (126.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (977.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (208.2Kb)
      ABSTRACT (212.8Kb)
      BAB I (237.7Kb)
      BAB II (245.4Kb)
      BAB III (748.0Kb)
      BAB IV (192.3Kb)
      BAB V (1.042Mb)
      BAB VI (191.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (214.4Kb)
      LAMPIRAN (1.774Mb)
      Date
      2017-08-22
      Author
      SETYAWAN, MUHAMMAD DESILA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Jawa Barat memiliki jumlah penduduk 46.709,60 ribu jiwa (BPS, 2015) yang menyebabkan mobilitas orang maupun barang sangat tinggi yang harus di dukung dengan peningkatan kebutuhan sarana transportasi. Perbandingan antara pertumbuhan sarana dengan prasarana transportasi darat terutama di jalan raya tidak sebanding hal ini menyebabkan masalah kemacetan. Pemerintah bersama PT. KAI. memberikan solusi dengan mengoptimalkan jalur kereta api yang sudah ada serta membangun jalur ganda kereta api untuk mengatasi masalah tersebut serta diharapkan mampu mendukung perekonomian di Jawa barat. Rencana pembangunan jalur kereta api ganda lintas layanan Cicalengka–Nagrek–Lebak Jero sepanjang 14,289 km yang akan melewati 3 stasiun yang memiliki karakteristik serta fungsi yang berbeda-beda. Stasiun Lebak Jero merupakan stasiun operasi yang akan dikembangkan dari segi tata letak jalur, panjang sepur efektif dan peningkatan fasilitas operasi, persinyalan dan telekomunikasi untuk mendukung operasi kereta api. Penelitian perancangan tata letak jalur, panjang sepur efektif, peningkatan fasilitas operasi, persinyalan dan telekomunikasi di stasiun Lebak Jero menggunakan metodelogi analisis data yang berasal dari data sekunder yang didapat dari PT. KAI DAOP II Bandung. Perancangan mengacu pada PM No. 60 Tahun 2012 tentang perancangan kontruksi rel, PM No. 29 tahun 2011 tentang persyaratan teknis bangunan stasiun kereta api dan PM No. 10 tahun 2011 tentang persyaratan teknik peralatan persinyalan perkeretaapian. Perancangan panjang jalur efektif berdasarkan panjang kereta api yang berhenti di Stasiun Lebak Jero. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan jalur baru berjumlah I serta berfungsi sebagai jalur raya (jalur I) yang memiliki panjang jalur efektif 150 m serta berada di sebelah kanan jalur eksisting dilihat dari km kecil menuju km besar. Panjang jalur efektif untuk berhenti kereta api 110 m yang berada di jalur II dan jalur luncur bergabung dengan jalur II yang masing-masing memiliki panjang 100 m. Jalur III sebagai jalur raya memiliki panjang sepur efektif 179 m. Peron yang digunakan berjenis peron tinggi dengan jenis penempatan island Platform berjumlah 2 dengan lebar 2 m dan panjang peron 130 m. Wesel yang digunakan berjenis 1:12 berjumlah 8 buah. Persinyalan dan telekomunikasi menggunakan sistem elektrik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15049
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV