View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IV SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (67.97Kb)
      HALAMAN JUDUL (228.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (2.842Mb)
      ABSTRACT (87.41Kb)
      BAB I (165.1Kb)
      BAB II (410.3Kb)
      BAB III (95.93Kb)
      BAB IV (214.2Kb)
      BAB V (86.25Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (141.9Kb)
      LAMPIRAN (465.2Kb)
      Date
      2017-08-28
      Author
      NURJANAH, RATNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran di SLB A Yaketunis Yogyakarta, 2) bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran guru PAI di SLB A Yaketunis Yogyakarta, 3) bagaimana implementasi strategi pembelajaran bagi pesrta didik tunanetra dalam proses pembelajaran PAI di SLB A Yaktunis Yogyakarta, 4) apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung bagi guru PAI dalam implementasi strategi pembelajran untuk pesrta didik tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek guru PAI dan peserta didik tunanetra kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik yaitu: 1) observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah anaisis data kualitatif. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI adalah memahami bahwa peserta didik memiliki keunikannya masing-masing yang sesuai dengan karakteristiknya, 2) Strategi pengelolaan menggunakan K13 untuk mempermudah peserta didik dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya, 3) Implementasi pembelajaran guru menerapkan dengan cara mengalir sesuai dengan kondisi anak yang disisipkan-disisipkan dalam pembelajaran, jadi tidak perlu terstruktur harus disampaikan pada peserta didik yang penting bagaimana guru bisa mengkondisikan peserta didik, dan 4) Faktor penghambatnya lebih pada karakteristik peserta didik, faktor pendukung media pembelajaran seperti buku cetak sudah dalam bentuk braille dari kondisi kelas dalam proses pembelajaran lingkungan sudah mendukung artinya mereka sama-sama berada disatu lingkungan maksudnya lingkungan yang homogeny.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15100
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV