STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IV SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran di SLB A Yaketunis Yogyakarta, 2) bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran guru PAI di SLB A Yaketunis Yogyakarta, 3) bagaimana implementasi strategi pembelajaran bagi pesrta didik tunanetra dalam proses pembelajaran PAI di SLB A Yaktunis Yogyakarta, 4) apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung bagi guru PAI dalam implementasi strategi pembelajran untuk pesrta didik tunanetra di SLB A Yaketunis Yogyakarta.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek guru PAI dan peserta didik tunanetra kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik yaitu: 1) observasi, 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah anaisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini meliputi: 1) Strategi pengorganisasian pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI adalah memahami bahwa peserta didik memiliki keunikannya masing-masing yang sesuai dengan karakteristiknya, 2) Strategi pengelolaan menggunakan K13 untuk mempermudah peserta didik dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya, 3) Implementasi pembelajaran guru menerapkan dengan cara mengalir sesuai dengan kondisi anak yang disisipkan-disisipkan dalam pembelajaran, jadi tidak perlu terstruktur harus disampaikan pada peserta didik yang penting bagaimana guru bisa mengkondisikan peserta didik, dan 4) Faktor penghambatnya lebih pada karakteristik peserta didik, faktor pendukung media pembelajaran seperti buku cetak sudah dalam bentuk braille dari kondisi kelas dalam proses pembelajaran lingkungan sudah mendukung artinya mereka sama-sama berada disatu lingkungan maksudnya lingkungan yang homogeny.