PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MAKHORIJUL HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANIMASI
Abstract
Dalam surat Al-Muzammil ayat 4 yang artinya “Dan Bacalah Al
Qur’an itu dengan tartil”. Tartil menurut bahasa berarti membaguskan atau
memperindah. Belajar makhroj huruf hijaiyah merupakan langkah awal untuk
mencapai kesempurnaan dalam membaca Al-Quran. Kurangnya media
pembelajaran yang memberikan materi tentang pengucapan Makhorijul
Huruf Hijaiyah menjadi salah satu kendala seseorang dalam memahami
pengucapan huruf hijaiyah yang benar sesuai dengan makhrojnya.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk memberi solusi arternatif dari
masalah yang ada, yaitu berupa Aplikasi Makhorijul Huruf Hijaiyah Berbasis
Animasi yang memiliki penjelasan dengan menggunakan animasi gerak
mulut dan vidio bagaimana cara mengucapkan huruf hijaiyah dengan baik
dan benar sesuai dengan makhrojnya.
Berdasarkan hasil pengujian pre-test dan post-test yang dilakukan
sebelum dan sesudah menggunakan Aplikasi Makhorijul Huruf Hijaiyah
Berbasis Animasi, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Makhorijul Huruf
Hijaiyah Berbasis Animasi berhasil meningkatkan pengucapan huruf
hijaiyah yang benar sesuai dengan makhrojnya. Hal ini terbukti melalui
nilai tes yang cenderung meningkat sesudah mengunakan aplikasi Makhorijul
Huruf Hijaiyah Berbasis Animasi, sehingga terhindar dari kesalahan
mengucapkan huruf hijaiyah yang mengakibatkannya perubahan makna
kaliamat dalam Al-Quran.