dc.contributor.author | SAPUTRA, DIAN ADRIANSYAH | |
dc.date.accessioned | 2017-09-30T03:04:48Z | |
dc.date.available | 2017-09-30T03:04:48Z | |
dc.date.issued | 2017-08-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15182 | |
dc.description | In Alquran Surah Al-Muzammil verse number 4 which means "And
recite the Qur'an with measured recitation (Tartil)". Tartil by language means
to shine or beautify. Learning makhroj of hijaiyah letters is the first step to
achieve perfection in reading Al-Quran. The lack of learning media that gives
the material about the pronunciation of hijaiyah letters is one of the obstacles
in understanding the correct pronunciation of hijaiyah letters in accordance
with their makhroj. The purpose of this research is to make an alternative
solution of the existing problem, the solution is an application for learning
makhorijul hijaiyah using animation that has an explanation by using
animated gestures and vidios about how to pronounce hijaiyah letters properly
and correctly in accordance with makhroj.
Based on the results of pre-test and post-test testing that have been
conducted before and after using the Animated for learning makhorijul
hijaiyah, it can be concluded that application for learning makhorijul hijaiyah
using animation succeeded in increasing the correct pronunciation of hijaiyah
according to their makhroj. This is proven through the value of tests that tend
to increase after playing the application for learning mskhorijul hijaiyah using
animation. And user can avoid the mistake of pronouncing the hijaiyah letters
that resulted in changes in the meaning of sentences in the Qur'an | en_US |
dc.description.abstract | Dalam surat Al-Muzammil ayat 4 yang artinya “Dan Bacalah Al
Qur’an itu dengan tartil”. Tartil menurut bahasa berarti membaguskan atau
memperindah. Belajar makhroj huruf hijaiyah merupakan langkah awal untuk
mencapai kesempurnaan dalam membaca Al-Quran. Kurangnya media
pembelajaran yang memberikan materi tentang pengucapan Makhorijul
Huruf Hijaiyah menjadi salah satu kendala seseorang dalam memahami
pengucapan huruf hijaiyah yang benar sesuai dengan makhrojnya.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk memberi solusi arternatif dari
masalah yang ada, yaitu berupa Aplikasi Makhorijul Huruf Hijaiyah Berbasis
Animasi yang memiliki penjelasan dengan menggunakan animasi gerak
mulut dan vidio bagaimana cara mengucapkan huruf hijaiyah dengan baik
dan benar sesuai dengan makhrojnya.
Berdasarkan hasil pengujian pre-test dan post-test yang dilakukan
sebelum dan sesudah menggunakan Aplikasi Makhorijul Huruf Hijaiyah
Berbasis Animasi, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Makhorijul Huruf
Hijaiyah Berbasis Animasi berhasil meningkatkan pengucapan huruf
hijaiyah yang benar sesuai dengan makhrojnya. Hal ini terbukti melalui
nilai tes yang cenderung meningkat sesudah mengunakan aplikasi Makhorijul
Huruf Hijaiyah Berbasis Animasi, sehingga terhindar dari kesalahan
mengucapkan huruf hijaiyah yang mengakibatkannya perubahan makna
kaliamat dalam Al-Quran. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Multimedia, Makharijul huruf Hijaiyah, Animasi, pre-test dan post-test. Multimedia, Hijaiyah Letters, Makharijul Letter, Animation, pre-test and post-t | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MAKHORIJUL HURUF HIJAIYAH BERBASIS ANIMASI | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
556 | en_US |