PERANCANGAN FITUR TAG PADA SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi mahasiswa baru, para siswa
rajin melakukan asesmen terhadap persiapan mereka dengan mengikuti berbagai
try out. Setelah mengikuti ujian latihan atau try out, hasil yang mereka dapat
seharusnya mampu menjadi bahan evaluasi sehingga dapat digunakan untuk
meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. Akan tetapi, proses perekapan
hasil ujian kebanyakan dibuat dengan cara manual yaitu dengan menggunakan
kertas sehingga sulit untuk dipahami, memerlukan tempat penyimpanan khusus,
rawan akan human error, serta membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan
perekapan. Perekapan data berupa daftar nilai yang diperoleh tidak dapat membantu
siswa untuk melakukan analisis dengan efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang fitur tag yang membantu para
guru dan siswa dalam merekap dan memetakan hasil asesmen dengan membuat
sebuah sistem online berbasis tag. Fitur ini dirancang dengan menampilkan rekap
data siswa berdasarkan tag atau materi ajar yang disajikan dalam bentuk visual
berupa grafik. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pengumpulan
data berupa wawancara dan kuesioner, analisis data, perancangan, implementasi,
dan pengujian sistem yang telah dibuat. Dengan adanya perekapan berbasis tag,
siswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan lebih rinci untuk setiap
materi ajar sehingga memudahkan siswa untuk menyusun strategi dalam persiapan
menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.