Show simple item record

dc.contributor.authorZAHPUTRI, DIVA AGATHA
dc.date.accessioned2017-09-30T03:50:00Z
dc.date.available2017-09-30T03:50:00Z
dc.date.issued2017-08-15
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15185
dc.descriptionDuring preparation of college admission exam, students evaluate their preparation by taking try out exams. After taking try out exams, the results should be able to be used as an assessment so it can improve the learning process even further. However, the recaping process of the exams were done using manual tools such as a paper which made it difficult to understand, requires a certain place to store, prone to human errors, and requires a lot of time to do a recap. Data recording in a form of score list couldn't help the students to analyze effectively. The purpose of this research is to design a tag feature which can help teachers and students during recapping and mapping assessment results by making a tag based online system. This feature was designed to show students data recap based on tags or chapters in the form of a visual graph. This research was done in several stages: data collection in the form of interviews and questionnaires, data analysis, design, implementation, and testing the system that has been created. By using the tag based recapping, students can know the shortcomings and disadvantages in more detail for each of the teaching materials which making it easier for students to develop a strategy in preparation for college admission.en_US
dc.description.abstractDalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi mahasiswa baru, para siswa rajin melakukan asesmen terhadap persiapan mereka dengan mengikuti berbagai try out. Setelah mengikuti ujian latihan atau try out, hasil yang mereka dapat seharusnya mampu menjadi bahan evaluasi sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. Akan tetapi, proses perekapan hasil ujian kebanyakan dibuat dengan cara manual yaitu dengan menggunakan kertas sehingga sulit untuk dipahami, memerlukan tempat penyimpanan khusus, rawan akan human error, serta membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perekapan. Perekapan data berupa daftar nilai yang diperoleh tidak dapat membantu siswa untuk melakukan analisis dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang fitur tag yang membantu para guru dan siswa dalam merekap dan memetakan hasil asesmen dengan membuat sebuah sistem online berbasis tag. Fitur ini dirancang dengan menampilkan rekap data siswa berdasarkan tag atau materi ajar yang disajikan dalam bentuk visual berupa grafik. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pengumpulan data berupa wawancara dan kuesioner, analisis data, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem yang telah dibuat. Dengan adanya perekapan berbasis tag, siswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan lebih rinci untuk setiap materi ajar sehingga memudahkan siswa untuk menyusun strategi dalam persiapan menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectAsesmen, Tag, Rekap, Pemetaan, Grafik. Assessment, Tag, Recap, Mapping, Graphicen_US
dc.titlePERANCANGAN FITUR TAG PADA SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARANen_US
dc.typeThesis SKR F T 568en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record