dc.contributor.author | ZAHPUTRI, DIVA AGATHA | |
dc.date.accessioned | 2017-09-30T03:50:00Z | |
dc.date.available | 2017-09-30T03:50:00Z | |
dc.date.issued | 2017-08-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15185 | |
dc.description | During preparation of college admission exam, students evaluate their
preparation by taking try out exams. After taking try out exams, the results should
be able to be used as an assessment so it can improve the learning process even
further. However, the recaping process of the exams were done using manual tools
such as a paper which made it difficult to understand, requires a certain place to
store, prone to human errors, and requires a lot of time to do a recap. Data
recording in a form of score list couldn't help the students to analyze effectively.
The purpose of this research is to design a tag feature which can help
teachers and students during recapping and mapping assessment results by making
a tag based online system. This feature was designed to show students data recap
based on tags or chapters in the form of a visual graph. This research was done in
several stages: data collection in the form of interviews and questionnaires, data
analysis, design, implementation, and testing the system that has been created. By
using the tag based recapping, students can know the shortcomings and
disadvantages in more detail for each of the teaching materials which making it
easier for students to develop a strategy in preparation for college admission. | en_US |
dc.description.abstract | Dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi mahasiswa baru, para siswa
rajin melakukan asesmen terhadap persiapan mereka dengan mengikuti berbagai
try out. Setelah mengikuti ujian latihan atau try out, hasil yang mereka dapat
seharusnya mampu menjadi bahan evaluasi sehingga dapat digunakan untuk
meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya. Akan tetapi, proses perekapan
hasil ujian kebanyakan dibuat dengan cara manual yaitu dengan menggunakan
kertas sehingga sulit untuk dipahami, memerlukan tempat penyimpanan khusus,
rawan akan human error, serta membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan
perekapan. Perekapan data berupa daftar nilai yang diperoleh tidak dapat membantu
siswa untuk melakukan analisis dengan efektif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang fitur tag yang membantu para
guru dan siswa dalam merekap dan memetakan hasil asesmen dengan membuat
sebuah sistem online berbasis tag. Fitur ini dirancang dengan menampilkan rekap
data siswa berdasarkan tag atau materi ajar yang disajikan dalam bentuk visual
berupa grafik. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: pengumpulan
data berupa wawancara dan kuesioner, analisis data, perancangan, implementasi,
dan pengujian sistem yang telah dibuat. Dengan adanya perekapan berbasis tag,
siswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan lebih rinci untuk setiap
materi ajar sehingga memudahkan siswa untuk menyusun strategi dalam persiapan
menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Asesmen, Tag, Rekap, Pemetaan, Grafik. Assessment, Tag, Recap, Mapping, Graphic | en_US |
dc.title | PERANCANGAN FITUR TAG PADA SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
568 | en_US |