PERANCANGAN USER EXPERIENCE SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Abstract
Dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi mahasiswa baru, para siswa rajin melakukan asesmen terhadap persiapan mereka dengan mengikuti berbagai try out. Rekap hasil asesmen yang telah dilalui dapat membantu siswa mengevaluasi tingkat pemahaman terhadap materi ajar. Suatu sistem otomatis yang mampu membantu siswa dan guru dalam melakukan proses perekapan dan pemetaan hasil asesmen berbasis tag atau bab, dapat membantu siswa dalam proses evaluasi dan penyusunan strategi pembelajaran. Akan tetapi, sebagai mana langkah awal dalam pembuatan sistem, perencanaan ini memerlukan desain awal yaitu menggunakan prototype agar menjadi langkah melakukan simulasi dari visual desain. Hal ini diperlukan untuk menilai user experience terhadap user.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sebuah sistem perekapan dan pemetaan hasil asesmen yang sesuai dengan UCD (UserCentered Design). Serta menguji tingkat usabilitas sistem yang sudah dibuat.Penelitian ini dilakukan dalam tujuh tahap yaitu: requirement gathering, requirement analysis, requirement specification, design, implementation, dan evaluation.
Dengan adanya desain awal yang menggunakan prototype, user dapat melakukan simulasi terhadap penggunaan sistemdan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pemetaan dan perekapan hasil ujian secara otomatis.