View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (87.96Kb)
      HALAMAN JUDUL (403.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (348.4Kb)
      HALAMAN PERNYATAAN (255.1Kb)
      ABSTRAK (303.3Kb)
      BAB I (311.0Kb)
      BAB II (551.6Kb)
      BAB III (781.3Kb)
      BAB IV (213.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (102.6Kb)
      LAMPIRAN (1.147Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (532.2Kb)
      Date
      2017
      Author
      YULVIRAWATI, YULVIRAWATI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini berjudul keefektifan media word square dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang menggunakan media word square. Subjek penelitian yaitu Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tingkat I tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 22 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga dalam penelitian ini subjek penelitian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil data diolah secara statistik dengan menggunakan uji 𝑡hitung dan uji normalized gain untuk mengetahui signifikansi penguasaan kosakata kedua kelompok penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan data diperoleh nilai 𝑡hitung = 1,07. Angka tersebut kemudian dibandingkan dengan 𝑡tabel dengan taraf signifikansi sebesar 5%, dan derajat bebas sebesar (db = (11 + 11) – 1 = 21). Pada tabel, nilai 𝑡tabel dengan db 21 = 2,08. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 𝑡hitung = 1,07 < 𝑡tabel = 2,08 sehingga 𝐻k ditolak dan 𝐻0 diterima. Dengan kata lain, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan hasil belajar kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan rata-rata yang diperoleh melalui normalized gain pada kelas eksperimen adalah 0,92. Angka tersebut menunjukkan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan menggunakan media word square sangat efektif. Sedangkan pada kelas kontrol juga memiliki kriteria keefektifan sebesar 0,73 dan dapat dikatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis angket, respons mahasiswa mengenai media word square yaitu media word square menyenangkan, membuat bersemangat serta bagus dan efektif dalam pembelajaran dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15220
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV