FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DOSEN UMY (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA) MELAKUKAN CUSTOMER SWITCHING INTENTION DI BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
minat dosen UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) untuk melakukan
costumer switching intention di Bank Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisis dalam
penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 21.0. populasi
dalam penelitian ini adalah 591 Dosen UMY dengan sampel penelitian sebanyak 34
responden . teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling
dengan kriteria yang sudah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa koesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, heteroskedastisitas,
uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengetahuan tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat Dosen UMY melakukan customer switching intention di Bank
Syariah, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,374 > 0,05, (2) sikap tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat Dosen UMY melakukan customer switching
intention di Bank Syariah, dengan nilai signifikasi sebesar 0,762 > 0,05, (3) kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Dosen UMY melakukan
customer switching intention di Bank Syariah, dengan nilai signifikansi sebesar 0,
016 < 0,05, (4) loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Dosen
UMY melakukan customer switching intention di Bank Syariah, dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (5) pengetahuan, sikap, kualitas pelayanan,
loyalitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Dosen
UMY melakukan customer switching intention di Bank Syariah dengan nilai uji F
sebesar 16,034 dan signifikansi sebesar 0,000.