View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP PENDIDIKAN ISLAM; PENDEKATAN MATERI DAN METODE PENGAJARAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (119.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.599Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (196.5Kb)
      ABSTRAK (122.2Kb)
      BAB I (147.8Kb)
      BAB II (185.5Kb)
      BAB III (136.2Kb)
      BAB IV (494.5Kb)
      BAB V (137.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (157.1Kb)
      LAMPIRAN (6.793Kb)
      Date
      2017-08-21
      Author
      ALAWIYAH, TUTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian berjudul “Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Materi dan Metode Pengajaran (Kajian Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Kitab Tafsīr al-Munīr dan Tafsīr Al-Qur`ān al-‘Az ̟ im)” ini bertujuan untuk menganalisa konsep pendidikan Islam yang difokuskan mengenai materi dan metode pengajaran dalam kandungan surat Luqman ayat 12 sampai 19 yang ditafsirkan oleh az-Zuhaili dalam Kitab Tafsīr al-Munīr dan Ibnu Kaṡīr dalam Kitab Tafsīr Al-Qur`ān al-‘Az ̟ im. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptifanalitis, yaitu penelitian yang menjelaskan, menganalisa dan menafsirkan datadata yang ada. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode library research (kajian pustaka). Data primer berupa kitab Tafsīr al-Munīr dan Tafsīr AlQur`ān al-‘Az ̟ im yang dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan analisis konten (content analysis). Ayat 12 sampai 19 Surat Luqman ditafsirkan dengan metode tahlili (mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung dengan mengikuti tertib urutan surat dan ayat dalam mush̟ af dan menganalisisnya sesuai dengan kecenderungan dan keahlian penafsir. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa penyajian penafsiran ayat al-Qur`ān yang dilakukan oleh dua tokoh tafsir dituangkan secara komprehensif dan mencakup aspek yang dibutuhkan masyarakat. (1) Materi yang terdapat dalam al-Qur`an surat Luqman ayat 12 sampai 19 ini meliputi aspek (a) ketauhidan, (b) ibadah dan (c) akhlak karimah. Meskipun demikian, keduanya berbeda dalam memaparkan penafsiran tentang materi ini. Az-Zuhaili dalam menjelaskan materi pendidikan ini tidak secara langsung mengatakan ketiga poin tersebut. Lain halnya dengan ibn Kaṡīr yang langsung memberikan poin-poin tentang materi aqidah, ibadah dan akhlak secara jelas. (2) Metode ‘Ilmu Ladunnī, az-Zuhaili membahasakannya dengan kemakrifatan yang diberikan tanpa melalui jalur kenabian dan ibn Kaṡīr menamainya dengan hikmah. Metode lainnya ada Pemberian Nasehat dalam bahasa az-Zuhaili, sedangkan ibn Kaṡīr menafsirkan kata ya’iẓuhu dengan wasiat.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15260
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV